Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Menjalankan Usaha

Dalam menjalanakan usaha baik itu usaha yang sudah besar maupun usaha yang masih kecil diperlukan keseriusan dalam menjalankannya, salah satunya adalah dengan memperhatikan dengan cermat bagaimana manajemen keuangan dari usaha yang sedang dijalankan. Ada kalanya orang yang sedang menjalankan usaha yang masih kecil atau tergolong Usaha Kecil Menengah (UKM) masih belum memperhatikan aspek pengelolaan keuangan dengan baik. Salah satu indikatornya adalah masih mencampur adukkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Keuangan usaha yang dicampur dengan keuangan pribadi akan menjadikannya kurang jelas dalam pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan usaha dan pribadi yang masih dicampur bisa menjadikan dampak yang fatal, diantaranya bisa membuat keuangan usaha yang sering dipakai oleh kepentingan pribadi hingga usaha sulit untuk berkembang, dan yang paling fatal bisa mengakibatkan kebangkrutan usaha.

 

Hal selanjutnya yang harus dilakukan pada saat sudah memisahkan antara keuangan usaha dan keuangan pribadi adalah membuat pembukuan yang rapi dan sistematis. Keuangan yang rapi perlu untuk dilakukan melakukan  manajemen keuangan agar terlihat jelas bagaimana kondisi keuangan yang ada pada usaha yang sedang dijalani. Dalam mengelola keuangan tidak hanya dibutuhkan pecatatan atau pembukuan yang rapi saja, melainkan diperlukan pula bagaimana caranya untuk melakukan pembukuan yang sistematis. Pembukuan yang sistematis akan menjadikan orang yang ingin melihat kondisi keuangan menjadi mudah karena terstruktur dengan baik, dan juga membuat mudah bagi orang iyang ditugasi untuk melakukan pencatatan pada pembukuan. Pembukua n yang rapi dan sistematis ini sangat penting baik bagi usaha yang masih kecil apalagi usaha yang sudah besar tentunya.

 

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam mengelola keuangan dari usaha oyang sedang dijaani adalah dengan memperhatikan berbagai resiko keuangan. Pemikiran orang – orang yang beranggapan dengan melakukan peminjaman uang akan mendapatkan sejumlah dana yang siap untuk disuntikkan kepada usaha agar usaha yang dilakukan bisa semakin berkembang, hendaknya juga dicermati tentang resiko yang akan ditanggung jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan juga resiko terhadap apa yang dijadikan agunan  untuk mendapatkan dana dari hutang dari bank. Dalam melakukan manajemen keuangan usaha hendaknya benar – benar dihitung dengan cermat dan hati – hati dengan mempertimbangkan resiko jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

 

Bagi orang yang sedang melakukan usaha adakalanya melakukan peminjaman uang kepada bank untuk memperbesar usaha ataupun untuk hal –hal lain yang berhubungan dengan kelancaran usaha yang sedang dilakukannya. Agar manajemen kauangan dari usaha yang dilakukan bisa berjalan dengan baik maka hendaknya jika melakukan peminjaman uang pada pihak bank harus dibayar tepat waktu. Melakukan pekerjaan dengan tepat waktu akan menjadikan seseorang terbiasa disiplin terhadap apapun pekerjaan yang sedang dilakukannya. Terutama dalam hal mencicil hutang pada bank, pembayaran cicilan hutang dengan tepat waktu akan memberikan dampak yang baik kepada keuangan usaha karena jika membayar dengan tepat waktu tidak perlu membayar denda yang biasanya akan diberikan kepada orang yang telat membayar cicilan, sehingga berdampak buruk terhadap usaha yang sedang dijalaninya.

 

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam melakukan pengawasan terhadap keuangan usaha adalah memeriksa keuangan usaha secara periodik. Pemeriksaan keuangan yang dilakukan secara periodik akan menjadikan kondisi keuangan usaha selalu terawasi dengan baik, meskipun sudah meminta bantuan orang tertentu untuk melakukan pembukuan keuangan agar manajemen keuangan menjadi baik, masih perlu untuk dilakuakan pengawasan secara periodik agar kondisi keuangan usaha benar –benar terpantau dan juga menghindari pekerja yang ingin berbuat curang. Adanya pemeriksaan secara periodik ini akan menjadikan pemiliki usaha selalu tahu dan bisa memikirkan bagaimana kelanjutan dari usaha yang sedang ditekuninya tersebut.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Name and email are required