Tips Mendapatkan Dana Segar Bagi Pelaku Startup

 

Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak bermunculan startup. Namun tidak semua startup memiliki dukungan dana untuk mengembangkan startupnya agar dapat dikenal luas. Tak jarang pendiri startup tersebut tidak memiliki latar belakang bisnis yang membuatnya kesulitan karena tidak mengetahui cara mendapatkan investor.

 

Sebelum masuk ke topik cara mendapatkan investor, ada beberapa hal yang harus diketahui dan dipersiapkan oleh setiap startup. Tips berikut merupakan bagaimana cara menggaet investor agar tertarik untuk mengembangkan startup mu.

  1. Memiliki ide dan solusi

Seorang investor tentunya sudah sering mendengar berbagai macam ide dari berbagai macam startup. Agar ide mu dapat menarik perhatian investor, penyampaian ide harus dikemas dengan baik. Bagaimana caranya menjelaskan idemu agar terlihat menarik di mata investor. Selain itu kamu juga harus memberikan solusi yang dapat diaplikasikan ketika terjadi permasalahan kedepannya.

  1. Hasil penelitian

Jauh hari sebelum melakukan presentasi di depan investor, lakukan sebuah survei atau penelitian yang berhubungan dengan ide yang akan dipresentasikan. Data-data dari hasil penelitian dapat meyakinkan investor karena data tersebut real.

  1. Strategi

Harus ada strategi jangka pendek dan jangka panjang. Sehingga terlihat sudah mempersiapkan segala hal dengan matang. Dengan begitu investor mendapatkan gambaran secara utuh terkait startup yang kalian jalankan. Tidak ada investor yang mau memberikan dana kepada startup yang tidak memiliki persiapan apapun, hanya bermodalkan ide saja.

 

Bagi startup yang tidak memiliki banyak networking khususnya untuk investor, pasti akan merasa kesulitan untuk mendapatkan dana. Berikut akan dijelaskan cara mendapatkan investor.

 

  1. Mengikuti kompetisi

Tidak seperti beberapa tahun lalu, saat ini ada banyak kompetisi untuk startup yang bertujuan untuk mengembangkan startup lokal Indonesia. Namun jika tidak menang pun tetap ada kemungkinan jika ada sponsor yang tertarik untuk memberikan modal.

  1. Angel Network

Carilah investor dengan menggunakan jaringan Angel Investor Network Indonesia (Angin).Investor yang tergabung dalam Angin merupakan individu-individu yang tertarik memberikan investasi kepada startup Indonesia yang memiliki potensi.

  1. Crowd funding

Ada banyak situs crowd funding yang dapat di temukan di internet, dari yang lokal hingga asing. Apabila anda kesulitan mendapatkan investor, cara ini adalah salah satu cara yang cocok untuk mendapatkan dana.

  1. Inkubator

Ada yang namanya program inkubator, namun harus dipastikan bahwa startup mu sudah memiliki produk dan model bisnis.

  1. Pinjaman peer-to-peer

Makin sulitnya memenuhi persyaratan yang diberikan oleh bank, membuat startup kesusahan mendapatkan dana. Namun jangan khawatir karena sekarang perusahaan keuangan menawarkan pinjaman dana dengan konsep peer-to-peer.

  1. Perusahaan ekuitas swasta

Ini adalah cara yang biasanya digunakan untuk mendapatkan dana. Perusahaan ekuitas swasta dapat memberikan variasi dana tergantung kebutuhan setiap startup.

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Name and email are required